Follow my IG

Fan Page

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pentingnya Air Putih Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Diposting oleh Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi Senin, 12 Mei 2014

Minum air putih sesuai dengan kebutuhan individu per hari dapat membantu mengontrol berat badan.
Air putih sangat penting untuk tubuh kita. Terbukti dengan tubuh manusia terdiri 90% yang mengandung air. Jika kita sampai kekurangan cairan atau air putih dalam tubuh kita, kita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Nah fungsi air dalam tubuh berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu pada tubuh. Itulah mengapa manusia dapat untuk lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Salah satu fungsi air putih adalah untuk Mengontrol Berat Badan Tubuh. Kok bisa? 

Untuk naik berat badan, air putih dapat membersihkan saluran pencernaan dan membantu metabolisme tubuh sehingga tubuh berfungsi dengan lebih baik termasuk usus yang berfungsi menyerap makanan. Banyak orang yang ingin naik berat badan dan sudah mengkonsumsi banyak makanan tapi tak kunjung tambah berat badannya. Ini biasanya disebabkan karena pencernaanya tidak bagus sehingga tidak menyerap makanan yang ia makan dan makanan tersebut hanya lewat sehingga tidak membuat berat badan bertambah.

Untuk turun berat badan, dikarenakan air putih mampu menahan nafsu makan Anda yang berlebihan. Brenda Davy dari Virginia Tech yang merupakan salah satu peneliti yang melakukan review, mengkonsumsi air dapat membantu meredam rasa lapar dan juga menolong pelaku diet mengurangi asupan kalori. Hal ini diperkuat oleh syudi lain yang menyatakan wanita yang meningkatkan konsumsi air ketika melakukan program diet dapat kehilangan berat badan lebih banyak dibanding yang minum air kurang dari 1 liter per hari.

Berdasarkan informasi dari peneliti bernama Rebecca Mucklebauer yang berasal dari Berlin School of Public Health, charite University Medical Center Berlin Jerman, tak hanya rasa kenyang yang menjadi alasan utama seseorang kehilangan berat badan. Tapi ada alasan lain di balik fenomena minum air ini yaitu efek thermogenesis yang dipicu oleh air. Menurutnya minum air juga bisa meningkatkan pengeluaran energi dari dalam tubuh. Walaupun ini sebenarnya belum diteliti lebih jauh.

Benarkah air hangat membantu turun berat badan?
Air hangat membantu proses detoksifikasi.

Air hangat dapat membantu turun berat badan, hal ini terjadi karena adanya efek thermogenesis. Thermogenesis mengacu pada panas atau energi yang dihasilkan dalam tubuh selama proses pencernaan, penyerapan dan tranportasi zat gizi, menurut Rowett Research Institute.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2003, peneliti menemukan bahwa minum 500 ml atau sekitar 2 cangkir air dapat meningkatkan sistem metabolisme sebesar 30 persen. Sekitar 40 persen dari efek pemanasan thermogenetic tersebut dihasilkan dari air dengan suhu 22-37 derajat Celsius.

Manfaat minum air hangat di pagi hari membantu mengontrol nafsu makan, menghidrasi tubuh, dapat membantu detoksifikasi dan mengalir lebih cepat di dalam perut ketimbang air dingin. Air hangat mungkin memang lebih baik ketimbang air dingin, tapi bukan berarti semua cairan yang kita minum harus hangat. Dua gelas air putih hangat pun sudah cukup. Untuk sisanya, bisa meminum air dingin atau air dengan temperatur normal.

Lalu bagaimana dengan minum air es atau air dingin, apakah dapat mempengaruhi diet?
Minum air es dapat membantu membakar kalori.

Banyak orang beranggapan bahwa kandungan lemak dan minyak dari makanan akan menggumpal menjadi lemak beku, jika kita minum air es selesai makan. Kenyataannya tubuh kita menghasilkan panas, sehingga suhu di dalam organ pencernaan lebih tinggi daripada suhu di rongga mulut. Lemak beku yang menempel ini akan larut dengan sendirinya saat masuk ke organ pencernaan. Artinya, dengan atau tanpa es, lemak akan tetap masuk ke tubuh. Sehingga bukan esnya yang jadi masalah, tapi jenis makanan, porsi dan kalorinya. Hal ini juga dipertegas di sini oleh dr. Heru Wijono, SpPD.


Apakah minum air dingin dapat menurunkan berat badan? Dasar pemikirannya adalah, bila kita minum air dingin, badan kita akan mengeluarkan kalori sewaktu menyesuaikan suhu air yang masuk saluran cerna tadi sehingga sesuai dengan suhu tubuh. Sampai di sini, memang benar. Tetapi bila kita ingin tahu apakah dengan cara begitu dapat menurunkan berat badan, perlu kita kalkulasi dulu.Pertama, diperlukan 1 kilo kalori (1000 kalori) untuk menaikkan suhu air sebanyak 1 derajat celcius.Jadi, apa yang terjadi kalau kita minum air dingin (0oC) sebanyak 0,5 liter?

- Suhu air es diperkirakan sekitar 1oC
- Suhu badan diperkirakan 37oC
- Diperlukan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1 gram air sebanyak 1oC
- Terdapat 473,18 gram dalam 0,5 liter air pada suhu 0oC.

Jadi dengan meminum 0,5 liter air es, badan kita harus menaikkan suhu sebanyak 473,18 gram kali 37oC, sehingga badan membakar sebanyak 17.508 kalori! Banyak? Tunggu dulu, jumlah itu setara dengan 17,5 kilo kalori. Dibandingkan dengan diet kita yang rata rata sekitar 2000 kalori, jumlah 17,5 masih amat kecil!


Baiklah, kita minum 8 gelas perhari, misalnya. Maka dalam 8 gelas air terdapat 1892,72 gram air, sehingga diperlukan total 70.030 kalori, atau sekitar 70 kilo kalori. Jadi, memang benar minum air es dapat membantu membakar kalori, tetapi untuk jumlahnya memang tidak banyak, hanya 3,5 persen dari kalori yang kita makan.


Sudah jelaskan kalau air putih berpengaruh dalam proses menurunkan berat badan. Namun Ishi Khosla, seorang pakar nutrisi menegaskan, hanya dengan terapi minum air tidak akan membuat tubuh langsing seketika. Namun dengan banyak minum air putih akan membantu proses detoksifikasi dan mengurangi penumpukan cairan. Walaupun air sangat penting bagi kesehatan, namun air tidak menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


Mana yang lebih baik, air hangat atau air dingin?


Menurut Arnav, air dingin biasanya lebih mudah diserap tubuh ketimbang air panas. Jadi jika Anda usai berolahraga dan membutuhkan rehidrasi segera, maka air dingin adalah pilihan yang lebih baik. Sedangkan untuk detoksifikasi, kosnumsi segelas atau dua gelas air hangat saja per hari


Bagaimana menghitung kebutuhan konsumsi air putih per hari?

Cara paling mudah adalah Berat Badan X 50 ml.Contoh: Berat badan A adalah 60 kg. 60 kg X 50 ml = 3000 ml atau 3 liter. Jadi si A dengan berat badan 60 kg membutuhkan air 3 liter per hari.


Semakin banyak berat badan seseorang, semakin banyak air putih yang harus ia konsumsi. Proses penurunan berat badan akan lebih cepat lagi jika ditambah dengan konsumsi minuman segar ala Herbalife, yaitu:

1. Herbal Concentrate : Teh bubuk yang dapat diseduh dengan air panas maupun dicampur dengan es ini juga disebut dengan Aerobik dalam botol. Dengan minum Herbal Concentrate setelah olahraga dan ketika beraktivitas akan membantu membakar lebih banyak kalori tubuh. Sehingga proses turun berat badan pun menjadi lebih maksimal.


2. NRG Tea : Teh ini juga berbentuk bubuk dan dapat dikonsumsi dengan air panas maupun dingin. Bedanya dengan Herbal Concentrate adalah teh ini untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki keluhan dari dada hingga kepala, seperti ashma, migrain, sinusitis dll. Jadi bukan jamannya lagi lemes dan lesu saat diet. Karena dengan NRG Tea, diet kita akan menjadi lebih bersemangat dan berenergi sehingga dapat beraktivitas lebih maksimal.


3. Herbal Aloe : Minuman segar dengan rasa segar. Dapat dicampur dengan NRG Tea maupun Herbal Concentrate atau dikonsumsi sendiri juga boleh. Manfaatnya untuk membersihkan saluran-saluran dalam tubuh termasuk saluran pencernaan sehingga memudahkan tubuh menyerap maksimal nutrisi dari produk Herbalife lainnya dan juga membuat produk Herbalife lainnya bekerja 40%  lebih cepat.
Pemesanan dan Konsultasi :
083866822725, pin: 3139B472

Referensi :
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/11/manfaat-minum-air-putih-pagi-hari.html http://ayokesehatan.blogspot.com/2014/03/manfaat-air-putih.htmlhttp://penyakitdalam-internis.blogspot.com/2010/06/minum-air-dingin-apakah-berpengaruh.htmlhttp://wolipop.detik.com/read/2012/03/06/101917/1858800/849/air-putih-untuk-turunkan-berat-badan-mitos-atau-fakta



2 komentar

  1. Munap Said Says:
  2. Ada Rumus yang mengatakan kebutuhan Air Putih BB di bagi 13.
    Misal BB 60 Kg artinya Air Putih yang di butuhkan 4.6 Liter'

    Perhitungan mana yang benar ya?

    Persembahan dari:
    www.kadijaslimming1.com

     
  3. Terimakasih sudah memberikan komentar,

    mungkin perbedaan pendapat saja. Kalau dari kami, kami memakainya yang seperti ditulis di artikel, jadi BB X 50 ml.
    Tapi intinya, yang penting dilakukan dalam sehari-hari, betul? :)

     

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Ingin Langsing? Cantik dan Lebih Percaya Diri? Tapi takut dengan EFEK SAMPING? Inilah solusi tepat untuk berat badan ideal, AMAN, SEHAT dan TANPA EFEK SAMPING! KONSULTASI GRATIS ALIFIA (087835066279, pin: D9D301D6)
Lihat profil lengkapku