Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Resources

Bookmarks

Mencegah Kolesterol Melalui Pola Makan

Diposting oleh Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi Jumat, 01 November 2013 0 komentar



Masih ingat, buat umat Muslim beberapa hari yang lalu merayakan Idul Adha alias Hari Raya Kurban? Hmm... saat itu pasti menu dari sarapan sampai makan malam nggak jauh-jauh dari daging, betul? Padahal daging itu mengandung kolesterol lho!

Apa itu Kolesterol? Saya akan mencoba sharing tentang Kolesterol dan bagaimana mencegahnya...

Kolesterol itu penting

Kolesterol dalam tubuh manusia sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk melapisi dinding sel tubuh, cairan empedu, membentuk hormone , berperan dalam pertumbuhan jaringan otak dan saraf, dan lain sebagainya. Kolesterol dalam darah sebesar 75% diproduksi oleh organ hati, dan sisanya 25 % berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pola makan yang tidak sehat, misalnya makanan yang rendah serat namun tinggi kandungan lemaknya bisa memicu tingginya kolesterol dalam tubuh. Apabila kadar kolesterol dalam darah tinggi (hiperkolesterolemia), akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dan resiko penyakit seperti penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit lainnya.

Cara mencegah kolesterol agar tidak tinggi salah satunya dengan memperhatikan pola makan. Seperti apa pola makan yang baik itu?
1.      Mengurangi atau hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti otak sapi, ginjal sapi, hati, jeroan, daging babi, kuning telur, telur burung puyuh, udang, dan cumi-cumi dan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti mentega, margarin, minyak, sosis, babi panggang, bebek panggang, kaki atau ceker ayam, sayap ayam, gorengan, makanan bersantan, keju, susu berlemak tinggi, junk food, dan kue-kue.
a.      Jika ingin makan daging, makanlah dagingnya saja tanpa lemak/kulit. Misal, daging ayam bagian dada atau daging sapi tanpa lemak. Tapi batasi makan daging bebek, karna walaupun mengkonsumsi daging bebek tanpa kulit, tetap mengadung lemak jenuh tinggi.
b.      Jika ingin konsumsi kuning telur, tidak lebih dari 4 butir dalam seminggu. Lebih aman jika hanya mengkonsumsi putih telur karena tidak mengandung kolesterol.
c.       Jika ingin menggoreng makanan, gunakan minyak zaitun untuk proses memasak karena minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko pembekuan darah.
d.      Jika ingin konsumsi produk susu, pilih susu yang rendah lemak atau maksimal mengandung 1% lemak.
2.      Batasi pula asupan karbohidrat. Usahakan jangan terlalu sering menyantap makanan yang terlalu banyak karbohidrat. Karbohidrat tinggi akan meningkatkan produksi lemak dan menaikkan kadar kolesterol jahat LDL.
3.      Konsumsi makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol, saya hanya bahas beberapa saja ya
a.      IKAN- Mengandung omega 3 baik untuk menurunkan kolesterol. Beberapa contoh ikan yang mengandung omega 3 antara lain, makarel, salmon, tuna, ikan kod. Selain mampu menurunkan kadar kolesterol jenis ikan-ikan ini juga dapat melindungi hati dan juga asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
b.      BAWANG PUTIH – Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%.Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.
c.       TEMPE – Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai. Selain juga mengandung isoflavon yang sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.
d.      APEL – Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

Nah, ternyata seperti yang disarankan di atas, Nutrisi Herbalife punya solusinya lho! Contohnya seperti saran pada nomer:

3. a. Ikan yang mengandung omega 3 juga terdapat pada produk Herbalife yang disebut Herbalifeline. Manfaat Herbalifeline: selain menjaga tingkat kolesterol dan trigliserida juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, memudahkan pencernaan, mampu memelihara kesehatan dan sebagai Nutrisi Otak, Jantung, Pembuluh Darah, Sendi Otot, Sel dan Kulit. Info detail Herbalifeline: http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/herbalifeline-heart-healthy.html


3. b. Mengkonsumsi bawang putih satu siung perhari tentu manfaatnya sangat bagus untuk tubuh, hanya saja baunya yang tidak sedap itu tentu akan mengganggu aktivitas kita saat bersama orang lain bukan? Nah di Herbalife ada solusinya yaitu Mega Garlic. Setiap tablet setara dengan satu siung bawang putih lho.. Manfaat Mega Garlic: Membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah dan membantu memberikan perlindungan Anti-Oxidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Info detail Mega: http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/mega-garlic-plus-heart-health.html 
                                  

3. c. Di dalam tempe terdapat isoflavon yang teruji bisa menurunkan kolesterol, seperti halnya Shake. Manfaat Shake: Dapat menurunkan kadar kolesterol, aman untuk penderita Asam Urat, baik juga untuk penderita Kanker Payudara, Keropos Tulang, Jantung dan dapat menyeimbangkan hormon tubuh. Shake juga bisa untuk Pengendalian Berat Badan lho... . Info detail Shake: http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/f1-nutritional-shake-mix.html


3. d. Apel karena kaya akan serat dan zat antioksidan dan vitamin C makan dapat diandalkan sebagai penurun kolesterol seperti halnya Multivitamin. Di dalam Multivitamin terdapat 23 jenis vitamin termasuk mengandung vitamin C hingga 56% lho. Manfaat Multivitamin: sebagai antioksidan, membantu menjaga berat badan, menjaga kesehatan tulang, kulit, rambut dan system kekebalan tubuh. . Info detail Multivitamin: http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/multivitamin-complex-formula-2.html

Konsultasi dan Pemesanan :
Alifia 083866822725, Pin: 3139B472
Terimakasih.. ;)



About Me

Foto Saya
Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Ingin Langsing? Cantik dan Lebih Percaya Diri? Tapi takut dengan EFEK SAMPING? Inilah solusi tepat untuk berat badan ideal, AMAN, SEHAT dan TANPA EFEK SAMPING! KONSULTASI GRATIS ALIFIA (087835066279, pin: D26EEEFB)
Lihat profil lengkapku