Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Resources

Bookmarks

Akibat Benturan Kepala

Diposting oleh Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi Selasa, 27 Agustus 2013 2 komentar

ANDA pernah mengalami benturan kepala? Jika pernah, jangan anggap remeh. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal benturan kepala. Apalagi kepala merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan aset kehidupan yang sangat penting, yaitu otak dan sistem saraf pusat lain.

Benturan pada kepala dari cukup ringan hingga lebih berat potensial menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Cedera kepala adalah penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor yang tidak memakai helm.

Pada kecelakaan lalu lintas atau trauma fisik lainnya, benturan yang relatif keras pada kepala dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti retak dan patah tulang tengkorak, pendarahan dalam tengkorak, dan tidak jarang berbuntut pada koma serta efek benturan kepala yang lebih ringan yang dapat menimbulkan benjol (hematoma). Benturan kepala juga sering terjadi gegar otak (commotion serebri).

Benturan kepala rentan menyebabkan terjadinya gegar otak. Gejala gegar otak sendiri jika tidak ditangani baik, bisa menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Salah satunya penyakit epilepsi. Namun tidak semua benturan yang mengenai kepala bisa menyebabkan gegar otak. Itu karena otak dilindungi tengkorak yang kokoh ditambah selaput otak sendiri. Karena itu tidak semua benturan langsung bisa menyebabkan terjadi gegar otak itu sendiri. Begitu kata dr Hengky Indradjaja.

Dalam istilah medis, benturan kepala disebut trauma capitis. Benturan yang keras bisa menyebabkan gegar otak. Dalam bahasa awam, gegar otak adalah bergeraknya jaringan otak dalam tengkorak. “Hanya bergerak saja,” ujarnya.
Meski hanya bergerak, gegar otak bisa membuat cedera dalam otak seperti pendarahan dan pembengkakan dalam jaringan otak. “Tergantung berat-ringan cedera,” ujarnya.

Untuk memastikan, bisa dilihat dari gejalanya. Jika terjadi gegar otak, biasanya gejala yang muncul adalah pusing, kesadaran menurun, muntah berkali-kali, hingga pingsan. “Makanya jika terjadi gejala ini sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk memastikan gegar otak atau tidak. Pastikan juga derajat gegar otak yang dialami,” jelasnya.

Namun tidak semua gejala muncul saat benturan terjadi. Bisa saja gejala muncul beberapa waktu kemudian. Itu disebut lucid interval. Terkadang ada yang mengalami gejala setelah beberapa jam atau sehari kemudian. “Makanya kadang-kadang ada yang meninggal kemudian. Waktu jatuh tidak ada masalah. Rupanya terjadi pendarahan di otak,” ujarnya.(nid/adi)

Periksa Dokter, Bila Perlu Segera Operasi

Bila Anda mengalami benturan keras di kepala, sebaiknya cepat periksa ke dokter. Dari tekanan darah dan denyut nadi, bisa dilihat apakah ada kelainan di dalam otak. Jika ada kelainan, kata Hengky, “Baru untuk memastikannya dilakukan CT scan.”
Lalu apa saja dampak gegar otak itu? Jika gegar otak ringan biasanya dalam beberapa hari bisa kembali normal. Gegar otak ringan tidak sampai menyebabkan terjadinya pendarahan di dalam jaringan otak. “Memang ada gangguan memori, tapi sementara. Beberapa hari biasanya akan kembali normal,” ujarnya.
Namun pada gegar otak berat yang menimbulkan pendarahan, harus segera dioperasi untuk menghilangkannya. Jika pendarahan menutupi semua otak, orang tersebut bisa meninggal dunia. Kalaupun hidup, menimbulkan kecacatan. Selain itu, meski sembuh, luka parut dalam jaringan otak tetap menimbulkan kecacatan pada otak. “Komplikasi paling sering akibat luka di jaringan otak ini adalah epilepsi.”.

Saya salah satu korban dari benturan kepala. Saya mengalaminya tidak hanya sekali tapi berkali-kali dikarenakan otak bagian keseimbangan saya (kata dokter) error. Jadi ketika saya melakukan hal-hal yang membutuhkan keseimbangan seperti naik sepeda motor atau sepeda, kemungkinan saya akan jatuh. Bahkan saya pernah mengalami kecelakaan 4X dalam sebulan yang penyebabnya karena kesalahan saya sendiri: tidak fokus saat naik motor dan mudah kaget. Kejadian jatuh dari motor terkahir mengakibatkan tulang di mata kaki kanan saya retak, sedangkan teman saya ( yang saya bonceng) pahanya patah. Dan parahnya saya mengalami sakit kepal yang sering sekali kambuh. Seperti ketika saya terlalu lama di ruangan ber-AC kepala saya sangat pusing, kepanasan pun pusing, mikir sedikit berat saja (padahal mikir pelajaran) kepala saya pusing. Sampai pernah hampir muntah dan keringat dingin. Sangat... sangat... mengganggu aktivitas saya.

TRAUMA? Iya, tapi saya tidak mau fokus di trauma saya. Alhamdulillah, saya bertemu dengan Herbalife. Kemudian saya mulai konsum produknya, komplit. Tapi yang saya bahas di sini hanya NRG Tea dan Shake. Kedua produk tersebut menjadi produk favorit saya.

Saya biasa minum Shake setiap pagi dan malam, bahkan ketika perjalanan jauh saya bisa 1 liter dalam sehari minum Shake (1 porsi minum Shake sebanyak 250ml). Shake sangat membantu saya menambah rasa kenyang dan lebih banyak energi untuk beraktivitas optimal!

Kemudian NRG Tea biasa saya minum 1,5L per hari. Jadi pagi sebelum berangkat kuliah atau ngantor, saya bikin NRG Tea 1,5L kemudian saya habiskan hingga siang hari. Setelah Dhuhur saya minum air putih 1,5L juga. NRG Tea ini bisa diseduh ataupun dengan air dingin. Coba saja minum NRG Tea dingin di siang hari, rasanya lebih seger daripada es teh manapun! Apalagi kalo dingin-dingin saat hujan turun minum NRG Tea panas, hangatnya ke sekujur tubuh! NRG Tea ini sangat bagus untuk masalah kepala seperti migrain, pusing, vertigo dll.

Be a productive human with optimal health...

Order Shake dan NRG Tea:
Alifia 083866822725

Menjaga Pola Makan Sehat di Hari Lebaran? Bisa!

Diposting oleh Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi Sabtu, 03 Agustus 2013 9 komentar

Hehehe... belum sempet bikin artikel tentang "Diet Sehat di Bulan Ramadhan" tapi sudah publish " Menjaga Pola Makan Sehat di Hari Lebaran? Bisa!".

It's ok, no problem.... Let's start!


Seringkali Hari Lebaran menjadai hari "Balas Dendam" untuk pol-polan makan karna selama sebulan penuh sebelumnya kita sudah menjaga diri dari nafsu makan. Tapi, apakah kita benar-benar menjaga diri dari nafsu makan saat puasa kemarin? hmmm.... cek di timbangan Anda! Angka tidak pernah bohong, kawan :D
Kalo angkanya naik berarti diet Anda gagal, kalo angka menurun, selamat Anda telah berhasil menurunkan berat badan, tapiii... cek kesehatan Anda! Apakah Anda merasa lebih tidak bertenaga, sering pusing, maag sering kambuh, muncul sariawan, bibir tambah kering dll? No no no... berat badan boleh turun, tapi bukan berarti daya tahan tubuh Anda menurun juga kan?

Nah, karna pola makan kita di bulan puasa belum tentu sehat, so mulai melakukan perbaikan di hari Lebaran donk! Caranya?


  • Hindari kuah
Kalau judulnya "Hindari Makanan Bersantan" sepertinya sulit. Karna Lebaran menu utamanya hampir semua rumah adalah opor ayam, gulai dan kuah-kuah bersantan lainnya, betul? Nah, cara termudah untuk bisa menikmati opor ayam tapi meminimaliskan kalori adalah dengan hanya menyantap ayamnya tanpa kuah. Karena kuah bersantan kalorinya tinggi lho. Itu faktor utama bikin GEMUK! Hati-hati!

  • Gunakan Wadah Kecil
Baru sampai di depan rumah sudah membayangkan opor ayam lezat! Alhasil ketika mau makan tanpa ba bi bu mengambil piring besar dan mengisi penuh-penuh semua menu di atas piring. Itu bisa jadi fatal, teman! Alangkah lebih baik, jika kita mau makan ambil piring berukuran kecil karna dengan wadah yang lebih kecil jumlah takaran makanan jauh lebih sedikit daripada di piring besar. Jadi otomatis tanpa susah menahan diri, kita sudah meminimaliskan porsi makan kita.

  • Minum Air Putih Banyak-banyak
Air putih sangat penting untuk metabolisme tubuh. Sebelum makan sebaiknya minum air putih dulu, karna bisa menekan selera makan dan memberi rasa kenyang pada perut. So, nafsu untuk makan banyak pun sedikit berkurang. Selain itu minum air putih min.2L per hari dapat melunturkan lemak-lemak yang menempel di usus kita dan mencegah sembelit karna menu makanan yang minim serat/sayuran dan kelebihan lemak.
  • Makan Tidak Terburu-Buru
Menyantap makanan dengan pelan-pelan dapat membantu kerja sistem pencernaan tubuh. Dan juga dapat meminimaliskan kalori yang masuk ke dalam tubuh.
  • Makan Teratur
Karena Lebaran cuma ada 1 tahun dua kali, bukan berarti boleh makan sehari lima kali. Itu dapat membuat tubuh langsung membengkak. Tetaplah makan pada waktunya.
  • Silaturrahmi di Pagi Hari
Kenapa? Karna pagi atau siang hari kita mempunyai banyak waktu untuk membakar kalori dariapa ketika makan malam dan langsung tidur.
  • Tambahkan Menu Sehat
Sulit di jaman sekarang menakar gizi seimbang dengan makanan yang ada di sekeliling kita. Apalagi saat Lebaran, sangat minim serat. Oleh karena itu, ada SOLUSI CERDAS untuk megatasinya, yaitu dengan konsum Nutrisi Herbalife:

1. F1 Shake
Nutrisi pengganti nasi. Dengan konsum Shake, akan terasa kenyang, 70% kebutuhan gizi terpenuhi dan kalorinya jauh lebih rendah dari makan nasi lho (itu berarti mempermudah TURUN BERAT BADAN). Tersedia dalam 3 rasa lezat: Berry, Coklat dan Vanila. Bikinnya simple dan tubuh jadi lebih FIT (berbeda dengan nasi yang bikin ngantuk)!

2. Fiber&Herbs
Tablet sayuran dan buah-buahan. Sulit menemukan menu sayuran di hari Lebaran? ini lho SOLUSI nya! Tetap bisa memperkaya serat masuk ke dalam tubuh sehingga usus-usus kita pun bersih dari lemak dan nggak terjadi sembelit. Cocok juga buat si buah hati yang sulit makan (adik saya: Hana (10th) dan Hasna (9th) juga konsum Fiber&Herbs ini untuk kebutuhan tambahan serat mereka).

3. Lipo Bond
Tau James Bond? James Bond itu kan penangkap penjahat, sedangkan Lipo Bond penangkap lemak-lemak jahat dari makanan yang kita makan. Jadi lemak  di makanan yang kita makan akan ditangkap oleh si Lipo Bond ini sehingga lemak yang masuk ke dalam tubuh jadi jauh berkurang.

4. Celluloss
Jadi lebih sempurna jika ditambah Celluloss. Karna tugas Celluloss hampir sama dengan Lipo Bond, bedanya Celluloss menghacurkan lemak yang ada di perut, paha, lengan dan lingkar tubuh lainnya alias selulit (langsung cek perut masing-masing, hehe). Recommended buat yang punya perut buncit :D

5. Herbal Tea Concentrate
Suka minum/menyuguhkan teh manis atau sirup di hari Lebaran? Itu lho yang bikin tubuh cepat mekar setelah Lebaran. Ganti saja dengan Herbal Tea Concentrate, manfaatnya membakar kalori dan lemak menjadi energi lho! Daripada minum yang manis-manis yang bikin tambah gemuk, mending minum teh "Aerobik dalam botol", tanpa olahraga tapi sudah bisa membakar kalori ;)

6. Herbal Aloe
Menu Lebaran pasti ada yang sudah berkuah kental, pedas pula. Hati-hati karna bisa merangsang produksi asam lambung yang membuat lambung iritasi, jadi maag nya kambuh deh. SOLUSI CERDAS biar maag nggak kambuh di hari Lebaran ya minum Herbal Aloe ini. Minuman segar dari Herbalife, seger banget pokoknya!

7. NRG Tea
Ini cocok banget yang buat mudik saat Lebaran. Karena dengan konsum NRG Tea bisa meningkatkan stamina optimal, mudik jadi lebih FUN karena tubuhnya FIT. Trus bagi yang mudik dengan motor maupun mobil, NRG Tea bisa meningkatkan konsentrasi lho. Jadi lebih FOKUS waktu nyetir. Ini produk WAJIB dibawa deh saat mudik!

Naaahhh... gimana? terjawab sudah kan bagi yang mau tetep tampil LANGSING dan SEHAT saat Lebaran. 7 produk di atas adalah yang WAJIB saya konsum di saat-saat sibuk seperti Lebaran dan mudik. Sooo... tunggu apalagi! Ambil HP atau BB Anda dan segera hubungi saya untuk pemesanan, bisa dikirim ke seluruh Indonesia koQ, Let's Eid and homecoming with cheerful and healthy like meeee :D

Alifia: 083866822725, pin: 3220203F

Referensi: http://klubnova.tabloidnova.com/KlubNova/Artikel/Aneka-Tips/Tips-Sehat/MAKAN-SEHAT-DI-HARI-RAYA

About Me

Foto Saya
Alifia.Vivi Konsultan Nutrisi
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Ingin Langsing? Cantik dan Lebih Percaya Diri? Tapi takut dengan EFEK SAMPING? Inilah solusi tepat untuk berat badan ideal, AMAN, SEHAT dan TANPA EFEK SAMPING! KONSULTASI GRATIS ALIFIA (087835066279, pin: D26EEEFB)
Lihat profil lengkapku